Fakta Tentang Hardisk yang Perlu Kamu Tahu! - ujan

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Fakta Tentang Hardisk yang Perlu Kamu Tahu!

Share This
Fakta Tentang Hardisk yang Perlu Kamu Tahu!


Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.

Pasti perangkat ini sangat bermanfaat banget buat kamu, apalagi yang hobi download film dan lagu nih yang memerlukan kapasitas besar untuk menyimpan data koleksi film dan lagu kamu. Hayo ngaku! smiley

Bayangkan jutaan orang memiliki perangkat yang satu ini, namun tidak banyak yang tahu jelas mengenai perangkat ini. Langsung aja yuk diulas fakta unik dan menarik mengenai media penyimpanan paling populer di dunia ini, sebagai berikut:
  • Dunia dalam Data: 988.000.000.000.000 Megabyte
Dalam sebuah studi yang dirilis pada Maret 2007, lembaga penelitian pasar IDC menghitung jumlah data yang sudah tersimpan di dunia. Menurut lembaga ini, jumlah data pada tahun 2006 mencapai 161 Exabyte. Pada tahun 2010 diperkirakan jumlahnya mencapai 988 Exabyte, hampir setara satu Quadrillion Megabyte.
  • Ukuran yang Sebenarnya
Satuan inci dalam harddisk yang sering digunakan selama ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan ukuran fisiknya. Satuan ini merupakan form factor, sebuah harddisk dengan ukuran 3,5 inci sebenarnya memiliki lebar sepanjang 10 cm, artinya berukuran 3,937 inci.
  • Harddisk Pertama di Dunia
IBM 350 dioperasikan pertama sekali sebagai bagian dari komputer raksasa IBM 305 RAMAC. Dua head yang terpisah membaca dan menulis data pada 50 disk magnet yang berputar dengan kecepatan 1.200 rpm. Kapasitasnya hanya sebesar 4,4 Megabyte.
  • Kesalahan Hitung dalam Kalkulasi
Dalam menghitung kapasitas, produsen harddisk menggunakan pangkat 10 sebagai basisnya. Satu Gigabyte sama dengan 10 pangkat 9 Byte. Namun, komputer menghitung dengan basis 2. Dalam hal ini, satu Gigabyte sama dengan 2 pangkat 30 atau 1.073.741.824 Byte. Hard disk berkapasitas 250 GB sebenarnya hanya memiliki kapasitas sekitar 232 Gigabyte.
  • Hukum Moore Juga Berlaku di Harddisk
Kapasitas maksimal harddisk bertambah dua kali lipat setiap 12 bulan dan ini sudah berlangsung bertahun-tahun. Harddisk yang tersedia saat ini di pasaran sudah mencapai 1 Terabyte.
  • Harga Turun Drastis
Kapasitas 1 GB harddisk saat ini bernilai sekitar 10 sen dolar. Harddisk ST506 yang diperkenalkan oleh Seagate pada tahun 1980 merupakan harddisk 5,25 inci dengan kapasitas 5 MB. Saat itu, harga per MB mencapai sekitar US$ 300.
  • Kepadatan Data
Harddisk dengan perpendicular recording dapat mencapai kepadatan data sampai dengan 155 Gigabit per centimeter kuadrat. Jumlah ini sama dengan 60 juta kali daripada kepadatan data dalam harddisk pertama sekitar 50 tahun yang lalu.
  • Hard Disk Terkecil
Pada Januari 2004, Toshiba memamerkan sebuah harddisk berukuran 0,85 inci di ajang Consumer Electronics Show. Harddisk mini ini tercatat dalam Guinness Book of Records dan siap dipasarkan.
  • Hidup Lebih Lama Pada Suhu 40 Derajat
Pada tahun 2007, Google melakukan evaluasi data dari sekitar 100.000 harddisk yang digunakan pusat-pusat komputer mereka. Dari penelitian ini, disimpulkan bahwa harddisk akan lebih lama bertahan pada suhu kerja sebesar 40 derajat. Kondisi yang memperpendek umur harddisk adalah di atas 45 derajat atau di bawah 30 derajat.
  • Lebih Tipis 5.000 Kali dari Rambut
Jarak antara read atau write head dan permukaan magnet disk saat ini hanya 10 Nanometer. Sebagai perbandingan, rambut manusia hanya memiliki ketebalan 50.000 Nanometer.

Menarik bukan fakta dibalik perangkat kecil yang selalu kita bawa kemana-mana dan berisi data-data penting pribadi kamu!

Dikutip dari BukaForum

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages